Robot Mungil Berkekuatan Super, Mampu Menarik Beban 100 Kali Bobot Tubuhnya

Posted by Unknown on Monday, April 27, 2015

Keberadaan robot seperti dalam film sains fiksi kian mendekati kenyataan. Baru-baru ini para peneliti dari Stanford berhasil membuat robot super yang mampu menarik beban lebih dari 100 kali bobot tubuhnya. Bahkan robot ini tak hanya mampu berjalan di bidang horizontal, namun juga mampu berjalan di bidang vertikal.
Kemampuan robot mungil ini pun diperlihatkan dalam sebuah video di YouTube. Dalam video tersebut, nampak robot bernama μTug ini mampu menarik beban yang berukuran dan berbobot jauh lebih besar dari dirinya. Sebuah robot dengan bobot 20 miligram bisa mengangkat beban lebih dari 500 miligram.
Dan robot yang paling menakjubkan adalah robot bernama μTug, berbobot 12 gram yang mampu menarik beban berbobot lebih dari 2000 kali berat tubuhnya. Sebagai perbandingan, kalau seorang manusia ingin melakukan hal serupa, maka benda yang harus dijadikan beban tarikan adalah seekor paus biru.
Robot ini didesain dengan meniru kemampuan hewan di alam liar. Kemampuan berjalan di bidang vertikal diambil dari kemampuan seekor cicak. Selain itu, nampak dalam video di atas diperlihatkan bagaimana robot ini berjalan setapak demi setapak, mirip dengan gerakan ulat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment