Tahukah Anda, Smartphone CDMA Pertama Dunia Ternyata Diproduksi Qualcomm

Posted by Unknown on Tuesday, April 28, 2015

Qualcomm saat ini bukanlah sebuah nama yang asing di telinga para pecinta produk teknologi. Utamanya adalah produk perangkat mobile, baik itu yang berupa smartphone atau tablet. Terlebih saat ini Qualcomm dengan sederet produk chip Snapdragon miliknya dikenal sebagai produsen prosesor mobile terbesar sedunia.
Namun tahukah Anda kalau perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini ternyata pernah terjun dalam bisnis smartphone? Bahkan Qualcomm ternyata dikenal sebagai produsen smartphone CDMA pertama dunia. Hal ini mereka lakukan pada saat meluncurkan smartphone miliknya yang bernama Qualcomm pdQ. Peluncuran tersebut dilaksanakan pada tahun 1998 dan menjadikan ponsel tersebut sebagai smartphone CDMA komersial pertama dunia.
qualcomm pdq_1
Tentu saja kalau dibandingkan dengan smartphone saat ini, Qualcomm pdQ tersebut jauh ketinggalan zaman. Handphone ini hadir dengan desain flip dan mempunyai LCD beresolusi 160 x 240 piksel. Handphone ini pun bisa dipakai untuk mengakses email ataupun browsing di internet. Baterainya pun bisa bertahan lama, hingga mencapai 150 menit talk time. Selain itu, di dalamnya terdapat prosesor 16MHz yang dibarengi RAM sebesar 2MB.
qualcomm pdq_2
Terdengar remeh memang. Namun pada tahun 1998, tak semua orang bisa mendapatkan ponsel yang satu ini. Handphone ini sendiri dipatok dengan banderol sebesar 800 USD. Dan tak berapa lama, Qualcomm akhirnya harus berhenti memproduksi smartphone dan menjual divisinya tersebut kepada Kyocera.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment