Wah, Data Sidik Jari di Smartphone Samsung Galaxy S5 Gampang Dicuri Hacker!

Posted by AL FIKRI on Monday, April 27, 2015

Smartphone Samsung Galaxy S5 boleh jadi merupakan ponsel Galaxy pertama yang hadir dengan fitur andalan sensor sidik jari. Namun jangan salah, fitur tersebut ternyata menurut para peneliti di FireEye mempunyai celah keamanan besar yang memungkinkan para hacker untuk mencuri data sidik jari penggunanya.
Dalam laporan yang ditulis Forbes, diungkapkan kalau para peneliti berhasil menemukan bahwa seorang hacker yang bisa membobol sistem keamanan Galaxy S5 dan memperoleh akses ke kernel Android, bisa mendapatkan data sidik jari secara langsung. Hal ini pun dianggap sangat rawan, karena hacker tinggal membuat malware yang bisa membobol ke sistem ponsel Galaxy S5.
sidik jari galaxy s5
Permasalahan ini, menurut para peneliti, sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Cukup melakukan update smartphone ke OS Android versi terbaru. Paling tidak adalah OS Android 5.0 atau versi di atasnya. Mereka mengatakan kalau permasalahan keamanan yang memungkinkan aktivitas pencurian data sidik jari di Galaxy S5 ini hanya bisa dilakukan pada OS Android versi lama, termasuk di antaranya adalah OS Android 4.4 KitKat.
Pihak Samsung sendiri pun sudah memperoleh informasi terkait adanya laporan dari FireEye ini. Untuk selanjutnya, perusahaan asal Korea Selatan itu akan melakukan investigasi. Kalau memang laporan tersebut benar, mereka akan menyediakan patch yang bisa menambal celah keamanan itu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment